Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » Menpar Tetapkan FPPN Sebagai Event Nasional
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU – Menteri Pariwisata (Menpar) Republik Indonesia Arif Yahya menyatakan, telah menetapkan kegiatan Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) pada 2017 mendatang sebagai event berskala Nasional dalam pelestarian budaya lokal untuk menunjang pengembangan pariwisata diKota Palu.

Penetapan itu, menyusul event FPPN sejak di launching pada 20 Juni lalu di Jakarta menurut Arif, FPPN telah mendunia dan populer sehingga di level atas event tersebut telah menjadi pembicaraan hangat secara nasional. Sehingga, dengan melegitnya isu FPPN itu, maka Kemenpar RI memutuskan bahwa FPPN layak di jadikan sebagai event nasional.

“Sebenarnya Festival Pesona Palu Nomoni sejak diluncurkan pada Juni lalu sudah mendunia dan se-Indonesia sudan populer, dan sekarang menjadi trending topik. Nah untuk itu, selanjutnya saya memutuskan akan menjadikan Palu Nomoni sebagai event Nasional,” kata Arif saat membuka kegiatan FPPN, Sabtu (24/9) malam dilokasi Penggaraman pesisir teluk Palu.

Dirinya mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu silahkan menyelenggarakan even itu dalam menyambut hut Kota Palu sekaligus menyambut hari pariwisata dunia yang jatuh pada tanggal 27 September.

Disamping itu, untuk menunjang  keberlangsungan promosi pariwisata lanjut Arif, ada dua hal yang harus menjadi syarat mutlak mendatangkan wisatawan dari dalam maupun ancanegara. Dimana papar dia, dua hal itu yakni sarana transportasi, dalam artian kesiapan bandar udara dan pelabuhan.

Selain sarana transportasi, Palu juga di minta harus memiliki event internasional sebagai kegiatan pendukung FPPN. Sehingga dirinya menyarankan, international ivent paling mudah dan relatif murah yakni inernational event sport.

“Itu merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk menujang pariwisata. Olehnya Pemerintah Provinsi maupun Kota harus mengupayakan bandara Mutiara Sis-Aljufri  serta pelabuhan sebagai pintu masuk untuk lebih di tingkatkan statusnya,” jelasnya.

“Gubernur sudah menyampaikan kepada saya bahwa Sulawesi Tengah tahun depan akan melaksanakan tour the celebest sport dengan rute mulai dari Kabupatn tojo una una, kemudian menuju Poso dan Parigi Moutong serta berakhir di Kota Palu. Nah ini bisa di dorong menjadi international event, dan Kementerian Pariwisata siap mendukung kegiatan itu,” tandasnya.

Sebagai daerah tujuan destinasi wisata, Palu juga di minta untuk tidak mebatasi even tour the celebest hanya di tingkat regional. Melainkan, sebagai kota tujuan, Palu harus membuka akses seluas luasnya. Hampir semua negara Kota destinasi tujua wisata, pendapatan perkapitanya besar.

”Hampir semua hart country atau Kota tujuan utama destinasi wisata itu pendapatan perkapitanya tinggi, itu masih satu international event,” paparnya.

Dia menguraikan, saat gerhana matahari total terjadi beberapa bulan lalu, Indonesia mendapat penghargaan tertinggi oleh pata travel Mart sebagai Negara yang sangat kreatif menjual fenomena alamnya. Dimana saat itu, dari sekian banyak daerah yang menjadi spot menyaksikan menomena alam yang langkah itu, Sulawesi Tengah Kota Palu terpilih menjadi daerah terbaik.

“Saya berterima kasih kepada Palu. Karena Sulawesi Tengah Khususnya Kota Palu sebagai daerah yang sempurna saat menyaksikan gerhana matahari total,” ujarnya. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama