Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » Dorong BKM Perkuat Ekonomi Kerakyatan
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU - Sebagai mana misi Wali kota yang salah satunya mengedepankan Kelurahan inovasi, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Palu mengambil langkah konkret dengan serta memperkuat Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) sebagi baasis ekonomi ykerakyatan di tingkat Kelurahan.

"Hal ini dimaksudkan dalam rangka memperlancar pencapaian visi Pemerintah kota Palu periode 2016 hingga 2021, khususnya pada misi Kelurahan Inovasi unggul dan mandiri berbasis ipet bagi kemadirian ekonomi kerakyatan," terang staf ahli bidang Ekonomi dan Keuangan Presly Tampubolon, mewakili Wali Kota Palu pada raoat koordinasi pengutan BKM dan pembangunan lembaga keuangan mikro, di ruang rapat Setda Kota Palu, Kamis (8/9).

Selain itu lanjut Presly, hal ini juga di maksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian baik pemerintah maupun lembaga BKM, tentang pentingnya persaingan dalam upaya pengetasan kemiskinan, serta secara khusus untuk menguatkan kelembagaan masyarakat secara sebenarnya.

Di era saat ini papar dia, berbagai kegiatan bernuansa pemberdayaan masyarakat seolah telah menjadi tema besar dan model yang sangat poluler dalam pendekatan pembangunan termasuk Kota Palu.

Sehingga menurutnya, sebesar apapun sumberdaya materil yang di miliki oleh suatu daerah tanpa adanya kemampuan untuk mengikut sertakan masyarakat dalam keseluruhan rangkaian prosesnya, maka yang terjadi adalah potensi hilangnya inisiatif masyarakat dan mulai timbulnya apatisme yang masif, terhadap setiap hasil atau inisiatif kinerja pembangunan yang ada di masing masing wilayah.

Disamping itu juga urainya, hal tersebut dapat memicu hilangnya kepercayaan masyarakat pada setiap inisiatif yang berasal dari pemerintah, di sebabkan kehadiran produk pembangunan yang dinilai tidak memiliki sisi manfaat.

Olehnya, upaya meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menunjang ekonomi kerakyatan bersandar pada kemampuan seumberdaya local dengan pendekatan teknologi yang ramah dan mudah oleh masyarakat.

Dalam rapat koordinasi itu yang di motori Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Palu, turut di hadiri Lurah dan camat serta ketua BKM se Kota Palu. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama