Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » SEKOLAH MADRASAH PERLU BANTUAN PEMKOT
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU - Kantor Wilayah Kementerian Agama
(Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah berharap adanya partisipasi Pemerintah Kota (Pemkot) Palu dalam hal mendukung keberlangsungan pendidikan di tingkat sekolah madrasah.
Harapan itu di maksudkan, agar Pemkot Palu dapat mengintervensi dengan membantu pembangunan infrastruktur serta penyediaan sarana dan prasarana untuk kepentingan penyelenggaraan pendidikan madrasah.
"Kami di Kementerian Agama memang mengalami keterbatasan anggaran untuk penyediaan infrastruktur serta sarana dan prasarana madrasah, nah untuk itu kami berharap Pemerintah Kota Palu bisa membantu pembangunan itu," kata Kanwil Kemenag Sulteng saat menyampaikan sambutanya pada perayaan Hari ulang tahun MTsN Palu Selatan, Kamis (11/8).
   
Di akuinya, bahwa madrasyah memang sedikit mengalami kesulitan dalam pengembangannya jika tidak diintervensi oleh pemerintah daerah setempat.
   
Oleh sebab itu, di Kota Palu sebut Abdullah, terdapat sejumlah madrasyah ngegeri seperti MTsN Palu Selatan, MTsN Model, MTsN Palu Barat yang sederajat dengan Sekolah Tingkat Menengah Pertama Negeri (SMPN), yang juga membutuhkan uluran tangan Pemkot Palu.
   
"Bukan hanya MTsN, di Kota Palu pun terdapat Madrasyah Aliyah Negeri 2 Palu atau MAN Model dan MAN 1 Palu, yang juga dalam pengembangannya membutuhkan bantuan pemerintah daerah," beber Abdullah
   
"Begitupula dengan madrasyah - madrasyah mulai dari tingkat ibtidaiyah, tsanawiyah, dan aliyah yang berada dibawah naungan yayasan atau swasta dengan jumlah yang sangat banyak  ketimbang madrasyah negeri," sambungnya.
   
Madrasyah - madrasyah tersebut lanjut Abdullah, berperan untuk membentuk karakter, keterampilan serta peningkatan sumber daya manusia yang berdaya saing, dengan dibekali pengetahuan dasar agama.
Sementara, sekolah MTs juga bukan hanya  mengembangkan pemdidikan agama semata, melainkan mata pelajaran umum pun turut di kembangan dalam menciptakan insan yang berwawasan luas. Terbukti papar dia, di MTsN Palu Selatan pengembangan mata pelajaran biologi terus di tingkatkan oleh civitas madrasah.
Pengembangan mata pelajaran itu di perkuat dengan MoU antara pihak madrasah Palu Selatan dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pemdidikan (FKIP) Untad Palu, demi meningkatkan kapasitas siswa mempelajari Limu Pengetahuan Alam (IPA).
"Nah ini bentuk kemajuan madrasah dalam hal pengembangan pendidikan dan ilmu pengetahuan. Meskipun madrasah fokus utamanya adalah pelajaran agama, namun di sisi lain pengembangan ilmu pengetahuan  di luar dari ilmu agama juga di tingkatkan," pungkasnya. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama