Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » Muscab Partai Demokrat Sulteng DiHelat Serentak
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

DIPREDIKSI TIGA KABUPATEN BAKAL 'MEMANAS'

Palu- Dipastikan  pekan  ini (Agustus-red) Musyawarah Cabang (Muscab) serentak Dewan Pimpinan Cabang ( DPC) Partai Demokrat se Sulteng digelar.
Hajatan internal partai berlogo merzy ini, digelar di Swiss Bell Hotel pada Senin 29 dan Selasa 30 Agustus. Acara ini  di buka langsung oleh Ketua BPOKK DPP Partai Demokrat Jenderal Pur Pramono Edhie Wibowo.

Besar harapan hasil Muscab  kali ini, akan melahirkan sosok pimpinan partai yang kavabel,  kredibel serta berintegritas. 
Ketua Panitia Pelaksana Muscab Subagio, SKom menuturkan ke 13 DPC Partai Demokrat yang akan menggelar Muscab adalah DPC Partai Demokrat Kota Palu, Donggala, Parigi Moutong, Poso, Tojo Unauna,Tolitoli, Buol, Sigi, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut serta  Banggai Kepulauan.

Menurutnya,  kesiapan pantia untuk mensukseskan hajatan politik ini telah mencapai 98 persen. " Yah semua perangkat telah disiapkan,  meski demikian,  kita tetap menunggu petunjuk DPP  apa- apa lagi yang harus ditambah serta dibenahi, " tuturnya.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Sulteng Abd Rajak BM Radjak,SH dan Ketua Panitia Muscab Subagio,S.Kom.

Terkait dengan mekanisme para  bakal calon Ketua DPC, panitia akan berpegang teguh pada Petunjuk Organisasi ( PO) Partai. Ada aturan main yang harus ditaati oleh setiap bakak calon (Balon).  Apalagi yang akan melakukan verifikasi terhadap persyaratan dan adminstrasi  Balon adalah unsur BPOKK DPP dan BPOKK DPD Partai Demokrat Sulteng. " Jadi ini ranah BPOKK, posisi panitia hanyalah fasilitator atau penerima berkas  administrasi pendaftaran," kata Aco sapaan akrabnya.

Seperti diketahui dari 13 DPC yang bakal menggelar Muscab, ada sekira 7 DPC pemilihan ketuanya kemungkinan secara  aklamasi. Sementara 8 DPC bakal bertarung, namun  di tiga Kabupaten/Kota akan berjalan alot, seperti  Kabupaten Poso, Donggala dan  Kota Palu. Tidak heran, jika pertarungan Muscab di tiga kabupaten ini  diprediksi bakal  "memanas" serta memicu andrenalin politik dari para pendukung masing-masing calon.

Beberapa nama telah mengikrarkan diri akan ikut berkompetisi dalam  perebutan  kursi pimpinan partai. Kondisi ini tentunya semakin menaikkan tensi politik dikalangan internal partai.
 
Untuk Kota Palu sendiri dipastikan akan  terjadi  pertarungan antara Moh Sandiri Memet (Ketua DPC Demokrat Sigi),  Idiljan Djanggola (anggota DPRD Kota Palu) serta Ikbal Khan salah satu konglomerat muda di Sulteng. 

Hasil amatan media ini, berbagai manuver politik terus saja dimainkan oleh para pendukung Balon Ketua. Bahkan beberapa oknum kader DPD  ikut cabe - cabean  dengan harapan bisa memenangkan jagoannya dalam perebutan kursi sexy DPC Kota Palu.

Sementara  kursi Ketua DPC Donggala bakal diperebutkan oleh Arifhatba Dg Matandu, Ronny Tanusaputera serta  Moh Nasir, SSos.
Banyak kalangan memprediksi besar kemungkinan Ronny Tanusaputera   menjadi jawaranya. Sebab suami Wakil Bupati Donggala ini, tidak henti-hentinya melakukan geriliya dan  membangun  komunikasi politik dengan pemilik hak suara.

Menurut salah seorang anggota tim  pemenangan Ronny,   sinyal positif dari para eksekutor  sudah sangat jelas. " Mereka  tidak akan mungkin lagi berpaling ke lain hati, apalagi sampai  menarik dukungan," katanya.

Meski demikian  tambah Anto salah seorang kader, kekuatan Arifhatba selaku Ketua Fraksi Demokrat DPRD Donggala tidak bisa juga dipandang sebelah mata.  Arifhatba  memiliki dukungan arus bawah yang sangat kuat. Terbukti  tiket dukungan 30 persen yang dipersyaratkan telah diperoleh bahkan melampaui," Ini  berkat kerja- kerja tim sukses yang terus menjaga soliditas dan komitmen," tambahnya.
Begitupun dengan Moh Nasir. Informasi yang dihimpum menyebutkan, anggota DPRD Donggala ini, kini telah mengantongi 5 dukungan  suara dari 16 DPAC di Kabupaten Donggala.  " Jika sudah demikian, semuanya berpulang kepada para kontestan itu sendiri,  tinggal siapa yang pandai memainkan ritme,  dialah yang menang. Namun jika salah melangkah, maka dipastikan akan tereliminasi ditengah jalan," kata Anto.
Yang tidak kalah  menarik,  Muscab DPC Partai Demokrat Poso. Pasalnya,  akan terjadi pertarungan head to head  antara  Piet Inkiriwang Ketua DPC Demokrat Poso  dengan Decky CH Sigilipu adik kandung Bupati Poso.

 Khabarnya Dekky telah  mendapat dukungan serta suntikan  energi positif dari Anggun Lie Putera salah satu fungsinoris Demokrat Sulteng yang diketahui merupakan rival politik Piet Inkiriwang.  Aggun sendiri hingga  saat ini masih tercatat sebagai Sekertaris DPC Partai Demokrat Poso, sehingga masih memiliki power dan investasi politik dikalangan internal DPAC.

Informasi yang dihimpun menyebutkan   Decky  CH Sigilipu telah mendapat  dukungan 14 suara dari 19  suara  DPAC,  sisanya 5 suara  memberi dukungan kepada Piet Inkiriwang yang juga mantan Bupati Poso dua periode. 
 
Dalam sebuah kesempata Decky
kepada wartawan menegaskan bahwa, ia memberanikan diri maju bertarung dengan calon lainnya, karena dukungan arus bawah yang begitu kuat. “Saya percaya teman-teman menginginkan saya sebagai Ketua DPC karena sudah jenuh dengan kepemimpinan sebelumnya yang membuat jarak, jadi teman-teman menginginkan suasana yang harmonis secara internal,” pungkasnya.

Menyikapi dinamika politik di internal partai jelang Muscab, Wakil Koordinator Urusan Pers dan Media  DPD Partai Demokrat Sulteng Yusrin L Banna, menilai meski Muscab Partai Demokrat serentak kali ini merupakan pertarungan martabat, gengsi dan harga diri,  namun diyakini seluruh kader dan fungsionaris utamanya para kontestan dan pendukung akan tetap mengedepankan moral dan etika. " Hati kita boleh panas, tapi kepala tetap dingin," tandasnya.

Apalagi kata Yusrin dalam setiap kesempatan, Sekjen DPP Partai Demokrat DR Hinja Panjaitan selalu berpesan kepada seluruh kader partai berlambang  segi tiga merah putih bahwa  berpolitiklah secara santun dan beradab tanpa harus kening berkerut.  AGS

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama