Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » » Festival Pesona Palu Nomoni Siap Di Gelar
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU - Pemerintah Kota (Pemkot) Palu dalam rangka menggelar event internasional Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) tahun 2016 akan menyiapkan anggaran kurang lebih sebesar Rp 4,4 miliar.
Estimasi anggaran sebesar itu, saat ini masih dalam proses. Dimana, pasca launching FPPN di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Kemenpar) di Jakarta beberapa waktu lalu  mendapat angin segar dari pihak Kenenterian.
Wali Kota Palu Hidayat bersama Wakilnya Sigit Purnomo Said  memberikan keterangan persnya mengenai persiapan pelaksanaan Festiva Pesona Palu Nomoni 2016. (F. Moh. Ridwan)
Pemkot Palu, dalam penyelenggaraan FPPN yang di helat pada September 2016 mendatang mendapat shering anggaran dari pihak Kemnpar dengan nilai sebesar Rp 900 juta.
Sementara, dana yang diambil dari Aanggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palu untuk keperluan pembiyayaan event tersebut kurang lebih sebesar Rp 2,5 miliar, sementara sisanya bersumber dari pihak lain yang tidak terikat, seperti Perbankan, media promosi dan lain lainya.
"Penganggaran Festival Pesona Palu Nomoni ini kami sudah bicarakan dengan pihak DPRD Kota Palu dan itu sudah di sahuti opeh pimpinan dewan. Nah, sekarang kita masih menunggu sumbangan dsri pihak swasta yang sifatnya tidak terikat," kata Hidayat saat konfrensi pers usai kegiatan Gathering persiapan Festival Pesona Palu Nomoni di salah satu Caffe di Kota Palu, Sabtu (30/7) malam.
Dalam keterangan persnya, dirinya menyatakan, Pemkot Palu telah menawarkan kerja sama turut serta dalam rangka mensukseskan FPPN dengan pihak pihak swasta yang ada di Kota Palu, olehnya Wali Kota menghimbau kepada pihak yang di ajak kerja sama itu bisa mengakomodir niat Pemkot.
"Kita jalin kerja sama dengan pihak swasta, nah sekarang kita masih menunggu realisasi dari pihak pihak tersebut, apakan nanti bantuannya berbentuk barang atau uang tunai kami belum tau, kita lihat saja nanti hasilnya," tutur Hidayat.
Olehnya Dia berharap, agar pihak swasta yang berinvestasi di Kota Palu bisa membantu dan memberikan kontribusi atas penyelenggaraan kegiatan tersebut.
Terelepas dari itu, saat ini persiapan FPPN sendiri kata Wali Kota telah mencapai 80 persen, mulai dari property yang di gunakan hingga peserta dalam kegiatan itu di pastikan semuanya sudah fix.
Dirinya menjelaskan, pada pelaksanaan FPPN terbagi dalam emat ring. Diama ring pertama sepanjang 7,2 kilo meter pantai teluk Palu di penuhi dengan Sulo atau obor sebanyak 520 obor dan gimba atau beduk atau gendang juga sebanyak 520 buah yang di tabuh oleh 1.420 penabuh. Selai gimba dan obor, diring satu juga di tempatkan sebanyak 520 pemain lalove, yang akan di tiup serentak saat pembukaan FPPN. Selain itu, memainkan lalove dan menabuh gimba akan di catatkan dalam rekor MURI Indonesia.
Selanjutnya ring dua, terdapat sepuluh penampilan ritual adat Kaili di kima titik yang berlangsung selama 24 jam atau sehari semalam. Sementara dibring tigabterdapat tujuh panggung budaya nusantara yang akan di ikuti oleh, paguyuban Jawa, Bali, Sulaweai Selatan, Sulawsi Utara, Gorontalo, Tionghoa dan Sulawesi Tengah, di pambah satu panghung religi.
Di ring empat, sebagai ring penutup akan di tempatkan alat trasportasi tradisional yankni dokar. Artinya, tidak ada kendaraan selain dokar yang melintas di areal FPPN sepanjang 7,2 kilo meter tersebut.
Wakil Wlikota Palu Sigit Purnomo Said menambahkan, dalam pelaksanaan FPPN nanti, di pastikan di hadiri Duta besar (Dubes) Luar Negeri. Dimana dari 50 Dubes di undang saat ini yang baru menyatakan diri hadir yakni Hunggaria, Cina dan Swedia.
"Kami masih menunggu konfirmasi dari Dubes dubes lain. Insya Allah juga Menteri Pariwisata akan hadir sekaligus membuka langsung kegiatan Festival Pesona Palu Nomoni 2016," tutu Pasha sapaan akrab Sigit Purnomo.WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama