Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » Dua Keluraha Terima Bantuan Rumah
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


ilustrasi

Palu - Program bedah rumah berasal bantuan dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) sebanyak 200 unit saat ini disasarkan di dua kelurahan,
yakni Kelurahan Mpanau sebanyak 50 rumah dan Kelurahan Boya Kecamatan Taweli sebanyak 150 rumah.
Dari 3.000 program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) pusat yang di sasarkan ke Sulaweai Tengah (Sulteng) Kota Palu mendapat 200 unit. Dimana 200 unit itu merupakan Peningkatan Kualitas (PK) dengan anggaran sebesar Rp 15 juta perunitnya melalui APBN.
"Sebelum pemberian anggaran perbaikan bangunan rumah terlebih dulu dilakukan verivikasi, hal ini guna menentukan jumlah kebutuhan bangunan yang digunakan sebelum nantinya akan diberikan bantuan. Seusah tahapan itu baru kemudian di akumalasi dengan jumlah dana yang tersedia," jelas Kepala Seksi Pembinaan Dan Pengembangan Kawasan Perumahan Dinas Tata Ruang Kota Palu, Rahmi Handayani, Baru baru ini.
Dikatakannya, penerima bantuan juga harus bersedia untuk bersuadaya, paling tidak punya vinansial untuk membayar upah buruh dan tukang.
"Untuk pembayaran buruh dan tukangnya, tidak terhitung dalam anggaran tersebut. Makanya penerima bantuan harus mau berswadaya," ujarnya.
Selain itu, untuk persyaratan mutlak yang harus di penuhi penerima manfaat yakni di antaranya, yang bersangkutan harus memiliki lahan atau tanah pribadi, kemudian keteranga penghasilan di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP) dan dokumen persyaratan administrasi lainnya.
“Tahap pertama dikerjakan selama satu bulan, setelah selesai baru meminta kembali bantuan tahap keduanya. Hasilnya difoto. Saat ini prosesnya sudah dimulai,” bebernya. 
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, program BSPS ini sudah dimulai sejak 2012 dimana Kota Palu saat itu mendapat bantuan sebanyak 162 unit. Kemudian, 2013 sebanyak 605 unit, 2014 sebanyak 200 unit, dan 2016 sebanyak 200 unit.
"Tahun 2015, kota Palu tidak mendapatkan bantuan rumah, karena adanya pengurangan anggaran.
Sebelumnya, pemerintah melalui dinas tata ruang dan perumahan kota Palu mengusulkan bantuan untuk 42 Kelurahan, namun setelah data di ferivikasi oleh Kementerian hanya dua Kelurahan yang mendapat jatah," terang Rahmi
"Dinas Penataan Ruang dan Perumahan Kota palu hanya menjalankan program dari Satker yang berkedudukan di Dinas Pu Cipta karya Pemerintah Provinsi Sulaweai Tengah. Jadi urusan anggaran langsung di tranger melalui rekening penerima manfaat," Pungkasnya. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama