Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » Civitas Akademik STIAP Dukung Program Mahasiswa KKN
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Donor Darah yang dilakukannoleh Mahasiswa
KKN STIAP Palu. Foto:Duan
PALU - Jajaran civitas akademik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan (STIAP) Palu merespon dan mendukung semua program kerja mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2016.

Salah satu dari sekian banyak program kegiatan mahasiswa KKN yang di laksanakan itu yakni aksi donor darah, yang melibatkan unsur Mahasiswa, Dosen hingga masyarakat.

"Iya, kami sangat memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang telah melaksanakan kegiatan donor darah. Selama mahasiswa KKN berbagai angkatan, kegiatan donor darah ini sudah di laksanakan tiga kali di STIAP, dan ini merupakan program kegiatan non fisik," kata Sekretaris Panitia KKN STIAP, Ramadhan, Sabtu (27/8).

Di kemukakannya, meski kegiatan ini secara spontan di lakukan dan bukan kegiatan permanen dalam penyelenggaraan KKN, namun aksi donor darah yang di laksanakan mahasiswanya itu merupakan bentuk kepedulian partisipasi terhadap sisi kemanusiaan.

"Memang ini bukan kegiatan rutin atau permanen saat mahasiswa melaksanakan KKN, tetapi salah satu program kerja ini merupakan bentuk kepedulian kita dalam membantu mereka mereka yang membutuhkan pertolongan melalui PMI Sulteng," jelasnya.

Meski pelaksanaan kegiatan donor darah yang di lakukan mahasiswanya itu belum maksimal diakui Ramadhan, tetap paling tidak kegiatan ini menjadi salah satu penyemangat kepada mahasiswa soal kepedulian  akan tanggung jawab sosial dalam konteks kemanusiaan.

"Peserta KKN ini sekitar 48 mahasiswa, namun yang mengikuti donor darah kurang lebih 12 orang di tambah masyarakat sekitar, memang dalam pelaksanaan aksi ini kami akui belum maksimal. Mudah mudahan KKN tahun tahun berikutnya lebih meningkat," harapnya.

Sementara, salah satu dosen pembimbing mahasiswa KKN STIAP Hisyam Baba menambahkan, penyelenggaran aksi donor darah merupakan salah satu kegiatan nonfisik yang telah di programkan oleh mahasiswa.

Olehnya, selaku dosen pembimbing kata dia, dirinya terus menghimbau kepada mahasiswanya agar terus melakukan gerakan moral dan sosial untuk memberikan kepedulian terhadap masyarakat.

"Jadi salah satu bentuk kepedulian itu lewat aksi donor darah, karena bagi mahasiswa setitik darah itu bisa menyelamatkan orang. Selain itu, donor darah juga bisa menyehatkan tubuh," ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, terlepas dari kegiatan donor darah, mahasiswa STIAP yang tengah melaksanakan kewajibanya sebagi salah satu syarat penyelesaian studi yaitu KKN, untuk saat ini pelaksanakan masih di lingkup internal kampus.

"Jadi, mahasiswa ini masih melaksanakan KKN di dalam kampus. Kami belum programkan turun langsung di tengah masyarakat, kemungkinan tahun tahun berikutnya kami upayakan peserta KKN  di tempatkan di Kelurahan maupun Desa," tuturnya.

Secara kuantitas, sebagian besar mahasiswa yang duduk di bangku kuliah di sekolah tinggi itu, mereka mereka yang telah menyandang status Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun pegawai swasta lainnya. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama