Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » » » PEMBEBASAN LAHAN KEK TERKENDALA PERSOALAN ANGGARAN
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU – Kawasan Industri Kusus (KEK) kota Palu merupakan aset investasi Pemerintah daerah, namun sangat di sayangkan pembebasan lahan KEK sendiri mengalami kendala, di karenakan anggaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palu tak cukup membiyayai proses pembebasan lahan tersebut.
Wali Kota Palu Hidayat menjelaskan, dirinya mengakui minimnya PAD Kota sehingga hal ini menjadi faktor tidak bisanya Pemerintah Kota (Pemkot) melakukan pembebasan lahan untuk kepentingan investasi.
Walikota Palu, Hidayat MSi
"Iya, PAD kita tidak mampu mmbiyayai pembebasan lahan KEK, jika Anggara Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kita gunakan senua untuk pembebasan lahan KEK, maka sudah pasti program lain tidak akan jalan," jelas Hidayat.
Dikemukakannya, PAD Kota Palu saat ini hanya berada di kisaran Rp250 miliar. Sementara, anggaran itu sudah inklutkan masuk dalam BULD dan PJPU. sehingga praktis sisa PAD tinggal Rp90 miliar. Selain itu, anggaran tersebut juga keluar untuk membiayai program padat karya dan PDPM. Olehnya, anggaran itu tinggal Rp50 miliar.  
"Kalau Rp 50 miliar ini di push untuk pembebasan lahan KEK, lantas bagai mana dengan program lain? Jelas pasti akan terhambat," jelas Hidayat.
"Pemerintah bukan tidak ingin membayar pembebasan lahan itu. Tetapi fakta yang terjadi saat ini PAD kita tidak cukup untuk melakukan pembiyayaan itu," tambahnya.
Dengan begitu, Wali Kota menyatakan, pihaknya  mengambil langkah alternatif, yakni dengan melibatkan investor yang ingin berinvestasi di KEK, dalam arti jika investor masuk kekawasan tersebut, maka yang bersangkutan mlakukan pembebasan lahan.
"Jadi, pembebasan lahan pembiayaannya kita bebankan kepada investor yang masuk berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus," pungkasnya. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama