Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » Baru 35 Persen Anak Miliki Akte Lahir
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

ilustrasi
Palu - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu, Burhan Toampo mengatakan bahwa baru 35 persen anak di Kota Palu yang memiliki akte kelahiran. Padahal seharunya tahun 2016 pengurusan akte kelahiran sudah harus mencapai 75 persen.
Burhan mengungkapkan bahwa minimnya persentase pengurusan akte kelahiran di Kota Palu, karena kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan terutama akte kelahiran anak.
Masyarakat baru akan mengurus akte lahir kata Burhan, ketika ada keperluan saja, padahal untuk mengurus biayanya gratis untuk anak umur 60 hari. Burhan menambahkan bahwa untuk mengejar target maksimal 75 persen pengurusan akte lahir tahun 2016, pihak Dinas akan memperketat pendataan, dimana setiap Kepala keluarga yang akan mengurus Kartu Keluarga (KK) tidak akan dikeluarkan dokumen KK jika ada anak dalam satu keluarga belum memiliki akte kelahiran.
Selain itu lanjut dia, Dinas juga akan bekerjasaman dengan pihak sekolah agar mendata siswa yang belum memiliki akte lahir dan akan meminta sekolah menyampaikan kepada orang tua agar menyiapkan seluruh berkas yang dibutuhkan untuk pembuatan akte.
Burhan berharap dengan cara seperti itu, target persentase penguruan akte kelahiran tahun 2016 sebesar 75 persen bisa tercapai. Masyarakat Kota Palu juga diharapkan bisa segera mengurus akte kelahiran anak bila belum mengurus. Dan bagi bayi yang baru lahir agar langsung dilakukan pengurusan karena tidak akan dikenakan biaya apapun. ata

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama