Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » Ombudsman Imbau Pemda Siapkan Fasilitas Sholat Gerhana
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


ilustrasi

Palu - Sejumlah daerah di Indonesia termasuk Sulawesi bisa menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 yang akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016.
Beberapa daerah di Sulawesi Tengah (Sulteng) mulai melakukan persiapan untuk menyambut GMT tersebut.
Seperti di Sigi dimana Pemerintah daerah (Pemda) kabupaten Sigi akan menggelar festifal seni yang akan dipusatkan di puncak Matantimali. Demikian pula kabupaten Luwuk Banggai, Poso, Parigi Moutong, Kota Palu dan kabupaten lainnya.
Kepala Ombudsman perwakilan Sulteng, H Sifian Farid Lembah menghimbau kepada seluruh Pemda yang akan menyambut GMT hendaknya menyiapkan fasilitas pelayanan sholat gerhana di masjid raya masing – masing.
Menurutnya, Pemda lain yang ada di provinsi Sulteng harus mencontoh Kabupaten Parigi Moutong yang mengagendakan adanya dzikir dan sholat gerhana berjemaah.
Pemerintah kata dia hendaknya memberikan pencerahan kepada masyarakat lewat kerjasama dengan Majelis Ulamah  masing – masing untuk menyelenggarakan obadah Sunnah sholat gerhana.
“Jangan sampai kita lupa  untuk melaksanakan ritual shalat gerhana yang dianjurkan Rasulullah Muhammad SAW, dibandingkan sibuk menyambut para turis asing. Apalagi mayoritas penduduk Sulteng adalah Muslim,”kata Sofian melalui akun facebooknya.
Ada 11 kota yang ada di Indonesia bisa melihat GMTtahun 2016 termasuk dua kota di Sulteng yakni Luwuk dan Poso yang bisa menyaknsikan GMT lebih lama. Sementara Kota lainnya hanya bisa menyaksikan sebagaian dan tidak penuh.
Di Kota Luwuk Kabupaten Banggai kita bisa menyaksikan fenomena GMT selama 2 menit 50 detik dan  Kota Poso bisa melihat selama 2 menit 40 detik. ata

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama