Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Format : Kajari Baru Harus Bernyali
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Jurist P Sitepu
Usut Tindak Pidana Korupsi di Parimo
Parimo- Direktur LSM Format Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Isram Said Lolo mendukung dan mengapresiasi langka Kejaksaan Negeri (Kejari) Parigi dalam merespon sejumlah kasus dugaan korupsi di Kabupaten Parimo.  Menurutnya, signal sikap tegas yang kini mulai dilakukan Kepala Kejari (Kajari) baru, Jurits P Sitepu patut diacungi jempol.
“Sejak pelantikan Kajai baru di Parigi, masyarakat  menaru harapan besar agar Kajari Parigi bertindak tidak tebang pilih,” ujar Isram, Rabu 3 Februari 2016.
Dia menyebutkan, banyak kasus besar  di Parimo yang bergulir sejak lama hingga kini belum memilki kejelasan. Mulai dari kasus 23 titik bencana fiktif, dugaan korupsi baju di KPUD hingga kasus duagaan mark up pengadaan baliho sail Tomini, harus bisa dituntaskan Kejari.
“Semua penuntasan kasus korupsi kuncinya adalah jaksa. Intinya Kajari baru ini harus bernyali besar, untuk menuntaskan kasus-kasus besar di daerah ini, sekaligus memulihkan kepercayaan rakyat terhadap penegak hukum,” ucapnya.  
Karena menurut dia, secara garis besar maju dan tidaknya sebuah kasus ditentukan dua hal prisip, yakni unsur hukum dan kepercayaan diri penegak hukum.
“Dua hal ini harus sinergis. Kalau ada kasus sudah memenuhi unsur secara hukum, yang dibutuhkan tinggal keberanian pimpinan lembaga anti rasuah itu sendiri,” ujarnya.
Dia mengingatkan, dalam melakukan pengusutan dan penegakan tindak pidana korupsi di Parimo, Kejari yang saat ini dikepalai Jurits P Sitepu, memulainya dari kasus-kasus besar yang kini santer diperbincangkan.
“Kalau penegakanya dimulai dari kasus besar dan menyeret petinggi di daerah ini akan semaki memulihkan kepercyaan rakyat. Karena penegakan hukum harus dilakukan tanpa pandang bulu, bukan malah mengandung unsur lain lagi,” tegasnya.
Sebelumnya, kepada media ini, Kamis 28 Januari 2016 Kajari Parigi mulai mengkaji data dugaan markup pengadaan baliho sail Tomini. Pengkajian kasus tersebut pasca ditemukianya kerugian negara melalui hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). dd

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama