Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » ESDM Sulteng Terkesan Diam Soal Tambang Ilegal Di Poboya
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


ilustrasi

Palu - Persoalan perusahaan tambang illegal yang beroperasi di tambang emas Poboya, Kecamatan Mantikulore Palu hingga saat ini belum menemukan titik terang. Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Terkesan diam melihat kondisi tersebut.
Sebelumnya Dinas ESDM Kota Palu telah merencanakan untuk melakukan penertiban terhadap beberapa perusahaan illegal yang melakukan aktivitas pertambangan di Poboya. Namun hal tersebut tidak dapat dilakukan karena terbentur dengan aturan baru yakni Undang – Undang (UU) Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan.
Dimana dalam UU tersebut menegaskan bahwa izin pertambangan baik yang ada di Kota maupun Kabupaten semua dialihkan ke pemerintah provinsi, sehingga yang berhak melakukan penertiban yakni Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng.
Namun hingga memasuki bulan kedua tahun 2016, belum juga ada tanda- tanda untuk dilakukan penertiban.
Kepala Dinas ESDM Kota Palu, Musliman Malappa mengatakan, perusahan – perusahaan Illegal yang beroprasi di tambang emas Poboya telah melakukan pelanggaran berat. Diantaranya kata dia, pelanggaran UU Kehutanan, UU Penggunaan sianida, tata ruang dan UU Lingkungan Hidup dan sudah seharusnya penertiban segera dilakukan karena terjadi pencurian emas.
Pemkot Palu kata dia, tidak lagi memiliki kekuatan hukum untuk melakukan penertiban, meskipun lokasi tambang berada di wilayah Kota Palu.
Dari data yang ada pada dinas ESDM Kota Palu, luas areal penambangan emas di Poboya sebesar 37 ribu Ha. Dimana sebagian lokasi penambanagan Poboya dinyatakan sebagai tambang rakyat yang dikelola secara manual. Tetapi pada kenyataannya tambang tersebut dikerjkan oleh beberapa perusahaan dengan menggunakan alat berat. ata

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama