Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Empat Perusahaan Tambang Tak Bayar Pajak
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


ilustrasi

Palu – Empat Perusahaan tambang galian C yang menyuplai material ke lokasi reklamasi di Taman ria Kelurahan Lere, kecamatan Ulujadi tahun 2015 tak membayar pajak.
Sudah beberapa tahun terakhir empat perusahaan tersebut tidak pernah menyetorkan pajak galian C kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, padahal material yang diperoleh berasal dari wilayah Kota Palu.
Empat perusahaan tersebut yakni PT. Palu Mahajaya seluas 24,5 Hektare (Ha), PT. Palu Mahakarya Putra seluas 4,5 Ha, PT Anugrah Teter Jaya seluas 4,5 Ha dan PT. Yauri Investama seluas 3833 Ha.
Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan 1 Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Palu, Herman Farid mengatakan, selama ini pihak Dinas tidak bisa menarik pajak galian C yang disuplai ke lokasi reklamasi taman ria, Lere karena tidak mengetahui perusahaan yang menyuplai.
Herman menjelaskan, jika perusahaan penyuplay material ke lokasi reklamasi memiliki izin galian C, maka sudah menjadi ketentuan jika perusahaan tersebut harus membayar pajak mineral bukan logam dan batuan kepada Pemkot apalagi jika material yang diambil dari wilayah kota Palu. Selain itu lanjut Herman, pajak untuk galian C masuk dalam pajak sistem Self-assessment. Artinya sistem pemungutan pajak yang memberikan kepercayaan kepada Wajib Pajak (WP) untuk memperhitungkan, membayar, dan melaporkan sendiri jumlah pajak yang seharusnya terutang berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan.
Menurut Herman, pihaknya juga dalam waktu dekat akan melayangkan surat kepada empat perusahaan yang menyuplai material galian C ke lokasi reklamasi di kelurahan Lere.
Herman menambahkan bahwa Selama ini pihaknya tidak dapat melakukan teguran atau peringatan sebab tidak diketahui perusahaan yang beroperasi menyuplai material tersebut. ata

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama