Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Camat-Lurah se Kota Palu Diberangkatkan ke Bandung
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


Para camat dan lurah tengah menyaksikan langsung demo kendaraan jenis kuadro dan tenan yang digunakan sebagai kendaraan kebersihan jalanan di kota Bandung di PD Kebersihan Kota Bandung. Foto : Yusuf

Palu - SEBANYAK 48 Kepala Kelurahaan dan 8 Camat se Kota Palu dan juga para asisten walikota Palu dan staf ahli mengikuti study banding ke Belajar Tentang Peran Camat dan Lurah Dalam Pengelolaan Kebersihan dan PATEN menuju kota Palu safe green and clean.
Kegiatan study banding tersebut sebagai upaya pemerintah kota Palu di bawah kepemimpinan pejabat walikota Palu, Drs H Moh Hidayat Lamakarate MSi untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan kota Palu dalam program save green and clean menuju kota Palu meraih adipura 2016.
Kenapa kota Bandung di pilih sebagai lokasi study banding karena mengingat banyak capain yang dinilai sukses menjadikan kota Bandung sebagai peraih adipura selama dua kali dan tentunya sesuai dengan visi misi kota Bandung dalam dalam mencapai kesuksesan dalam segala sektor.
Seperti pada bidang lingkungan hidup, seperti : Gerakan Penghijauan, Hemat dan Menabung Air, Gerakan Cikapundung Bersih, Gerakan sejuta Bunga Untuk Bandung, Gerakan Udara Bersih, Program P4LH (Penanaman, Pembibitan, Pemeliharaan, dan Pengawasan Lingkungan Hidup) dan Program K3 (Ketertiban, Kebersihan, Keindahan) serta Muatan Lokal Lingkungan Hidup Bagi Anak Sekolah.
Salah satu hal yang paling menarik dalam kunjungan di PD Kebersihan Kota Bandung adalah penggunaan kendaraan kebersihan kota yang tidak banyak menggunakan tenaga kerja. Yakni penggunaan kendaraan kuadro dan tenan yang khusus di gunakan sebagai kendaraan kebersihan jalanan.
Selain sutdy banding ke PD Kebersihan Kota Bandung, para lurah dan camat juga belajar tentang pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) di kecamatan Lengkong Kota Bandung. Kecamatan Lengkong di pilih karena sejumlah prestasi berhasil di raihnya sebagai salah satu kecamatan terbaik peraih penghargaan baik tingkat nasional maupun se wilayah kota Banung.
Dari keterangan yang disampaikan asisten I Pemkot Palu, Drs Arfan MSi bahwa pentingnya PATEN untuk dipelajari karena sejalan dengan era otonomi daerah, perubahan konsep penyelenggaraan publik atau PATEN mewujudkan Kecamatan sebagai Pusat Pelayanan Masyarakat sehingga masyarakat dapat memperoleh pelayanan yang Iebih cepat, mudah, tidak diskriminatif dan transparan.
Tentunya PATEN, merupakan inovasi manajemen dalam rangka rnendekatkan, mempermudah dan mempercepat pelayanan administrasi perijinan/non perijinan di tingkat Kecamatan, sehingga nantinya dalam aplikasinya dalam pelayanan PATEN di kota Palu bisa lebih maksimal lagi karena banyak pelajaran berharga yang bisa di petik daripelaksanaan study banding ini. yusuf

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama