Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » Ribuan Bangunan di Palu Tanpa Izin
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


foto ist

Palu - Ribuan bangunan yang ada di Kota Palu hingga tahun 2016 tidak mengantongi Membangun Bangunan (IMB) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Palu.
Data di Dinas Penataan Ruang dan Perumahan (DPRP) Kota Palu menyebutkan bahwa jumlah bangunan di Kota Palu ada sekitar 60 - 70 ribu unit. Sementara yang tidak memiliki IMB ada sekitar 20 ribu lebih bangunan.
Kepala Bidang (Kabid) Bangunan gedung dan lingkungan DPRP Kota Palu, Risman mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) telah berupaya agar seluruh bangunan memiliki IMB dan upaya tersebut sudah mulai terealisasi, terutama bangunan baru.
Menurutnya, jumlah bangunan yang tidak memiliki IMB sebagian besar didominasi oleh bangunan lama, sehingga untuk mengurangi jumlah tersebut dilakukan pemutihan IMB. Pemutihan kata Risman, dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat khususnya yang tingkat pendapatannya masih rendah untuk mendapatkan IMB.
Risman juga menyebutkan bahwa ada beberapa bangunan baru di Kota Palu yang telah berdiri, namun belum mengantongi izin. Bangunan tersebut lanjut dia, tetap diberikan izin dengan ketentuan akan dikenakan sanksi sesuai peraturan dalam Peraturan daerah (Perda) Kota Palu yang telah ditetapkan.
Bila ternyata bangunan tersebut dianggap melanggar, seperti melewati Garis Sepadan Bangunan (GSB) maka pihak dinas akan memberikan  memberikan solusi teknis bagi pemilik.
kemudian bila pelanggarannya sudah masuk garis merah, maka akan masuk bangunan ilegal dan tidak akan dikenakan retribusi. Namun ketika ada pelebaran jalan dan bangunan tersebut masuk dalam pelebaran lanjut dia, maka akan dibongkar dengan tidak mengganti untung.
Masyarakat sudah mengetahui konsekuensi dari bangunan ilegal yang tanpa memiliki izin dan jika tidak dikeluarkan IMBnya maka pemerintah yang akan dirugikan, padahal bangunan sudah berdiri. ata

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama