Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » Penertiban Poboya Bukan Kewenangan Pemkot
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


foto ilustrasi

Palu - Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kota Palu, Musliman Malappa mengatakan, penertiban perusahaan ilegal yang beroperasi di lokasi tambang emas Poboya kecamatan Matikulore Palu bukan lagi menjadi kewenangan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu..
Menurutnya, pasca terbitnya Undang – Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, seluruh perizinan pertambanagan diserahkan ke Pemerintah provinsi (Pemprov).
Bukan hanya izin yang harus dikelola oleh Pemprov, tapi juga masalah pengawasan terkait aktivitas tambang yang ada di Kabupaten dan Kota.
Aktivitas pertambangan yang ada di Tambang emas Poboya jelas Musliman terjadi pelanggaran dimana ada beberapa perusahaan ilegal yang melakukan pencurian emas di tambang poboya sehingga pihak provinsi dalam hal ini Dinas ESDM Sulawesi Tengah harus melakukan pengawasan.
Musliman menjelaskan bahwa pengawasan yang dimaksud adalah dengan jalan melakukan penertiban terhadap perusahaan ilegal yang telah melakukan aktivitas di lokasi pertambangan.
Pemkot Palu kata dia, tidak lagi memiliki kekuatan hukum untuk melakukan penertiban, meskipun lokasi tambang berada di wilayah Kota Palu. Olehnya Dinas ESDM Kota Palu telah menyurat ke Pemprov Sulteng, Plda dan Polres menyampaikan bahwa di Poboya ada aktivitas penambangan emas liar yang dilakukan perusahaan ilegal.
Musliman juga menyayangkan sikap dari Pemprov Sulteng yang selama ini tidak perna melakukan koordinasi dengan pemkot Palu terkait penertiban tambang Poboya.
“Jika memang Pemprov Sulteng menganggap pasca terbitnya UU Nomor 23 tahun 2014 masih dalam masa transisi, kenapa tidak melakukan koordinasi dengan Kota bahkan bila perlu dilakukan pembagian tugas untuk melakukan pengawasan terhadap aktivitas yang terjadi di tambang Poboya,” kata Musliman. ata

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama