Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Mess Pemda Donggala di Palu Rusak
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


Tampak samping atap bangunan mess Pemda Donggala di kota Palu yang rusak parah akibat terpaan angin. Kondisi ini terkesan dibiarkan pemerintah. Foto : Koran Gemasulawesi

PALU - Mess Pemda Donggala yang terletak di jalan Ponegoro, Kota Palu, tampak rusak. Kerusakan berat di bagian atap bangunan itu, sampai saat ini tak diperbaiki pihak Pemda tersebut. Padahal, gedung itu sering digunakan Pemda Donggala.
Pantauan koran ini, kerusakan mess Pemda Donggala itu sudah berlangsung lama.
Kabag Perlum Kabupten Donggala, Tema, ditemui di gedung mess Pemda Donggala saat menghadiri pelantikan kepala desa se Kabupaten Donggala mengatakan bahwa ia tidak bisa berbuat apa-apa terkait kerusakan itu. Katanya, biaya pemeliharaan mess tersebut tidak ada.
“Anggaran untuk perawatan gedung tidak ada. Kalau tidak percaya silahkan periksa,” ucap Tema kepada wartawan, Senin 28 Desember 2015.
Tema menyebutkan, jika melihat kondisi, mess Pemda itu dianggap tidak layak. “Coba kita lihat juga cat dari banguan itu, apa ada penginapan seperi itu catnya, tidak karu-karuan dan tidak layak,” ujar Tema.
Tema menyarankan kepada penentu kebijakan tertinggi di Donggala agar mess tersebut di pihak ketigakan sehingga dapat terawat dengan baik. “Karena kalau dibiarkan begini, lama kelamaan bangunan akan rusak dan akan membutuhkan anggaran yang lebih besar lagi,” harapnya.
Umang, salah seorang warga kota Palu—juga seorang arsitek bangunan, saat melihat kerusakan pada gedung mess mengatakan, dampak dari kerusakan atap bangunan gedung mess Pemda Donggala jika dibiarkan akan menjalar ke bagian lain pada gedung. “Kalau musim penghujan, air akan meresap dan masuk ke dalam banguan itu. Begitu pulah jika angin kencang, dipastikan bagian atap lain akan mengalami kerusakan,” jelasnya.
Selain Umang, Rahman, salah seorang warga Donggala yang melihat kondisi bangunan tersebut juga angkat bicara. Rahman mengaku menyayangkan sikap Pemda Donggala yang terkesan tutup mata atas kerusakan itu.
“Pemerintah harusnya bertanggung jawab atas kerusakan salah satu aset donggala itu, jangan tunggu bertambah rusak baru dianggarkan, inikan kesannya pemerintah melakukan pembiaran,” ucapnya.
Rahman berharap, pemerintah tidak diam, segera memperbaiki mess tersebut. dd

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama