Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Puluhan Warga Kalukubula Menagkan Kupon Udian Berdiah
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


Pengundian kupon berhadiah bagi warga yang berpartisipasi pada Pilkada 9 Desember 2015 yang lalu. Puluhan warga Desa Kalukubula menagkan kupon undian yang disiapkan oleh PPS Desa Kalukubula. Foto : Fattah

Palu - Jumat malam (18/12/2015) ratusan warga Desa Kalukubula Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi mendatangi kantor Desa untuk menyaksikan pengundian kupon berhadiah bagi warga yang berpartisipasi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2015 yang lalu.
Sekitar 33 warga desa Kalukubula memenagkan kupon berhadiah yang diundi dihadapan aparat desa Kalukubula, PPK, PPS, KPPS dan ratusan warga yang hadir pada malam pengundian.
Hadiah yang disediakan oleh PPS Desa Kalukubula bereupa peralatan rumah tangga seperti konvor gas, dispenser dan peralan dapur lainnya. Bentuk hadiah yang disediakan panitia sama sekali tidak mematahkan semangat warga untuk hadir menyaksikan pengundian.
Sebelum dilakukan pengundian juga diadakan pengumuman pemenang lomba Tempat Pemungutan Suara (TPS) oleh ketua PPS Desa Kalukubula, Agusno A. Daris. Dimana posisi pertama dimenangkan oleh TPS 19, pemenang ke 2 yaitu TPS 13 dan selanjutnya TPS 11.
Agusno selaku ketua PPS Desa Kalukubula mengatakan, undian berhadiah dimaksudkan untuk menarik minat warga dating ke TPS untuk menyalurkan aspirasinya pada Pilkada 9 Desember 2015.
Menurutnya, dengan adanya undian berhadiah tersebut diharapkan target partisipasi pemilih bias mencapai 80 persen dari jumlah yang terdaftar dalam DPT. Sayangnya upaya itu belum dapat meningkatkan partisipasi warga untuk memilih, dimana persentase pemilih di Desa Kalukubula hanya sekitar 50 persen.
Agusno menjelaskan bahwa desa kalukubula merupakan satu – satunya desa yang memiliki jumlah pemilih terbesar dari 176 desa yang ada di Kabupaten Sigi. Jumlah pemilih yang tercatat dalam DPT sebanyak 9.168 pemilih, sementara jumlah yang ikut berpartisipasi dalam pilkada hanya 4.962 pemilih sudah termasuk pemilih yang menggunakan KTP maupun KK.
Meski demikian Agusno berharap kedepan pendidikan politik masyarakat khusunya yang ada di Desa Kalukubula bias lebih baik lagii. Salah satu upaya yang perlu dan harus dilakukan yakni dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat bahwa pelaksanaan Pilkada bukan untuk menentukan siap penguasa, namun untuk memili pemimpin yang lebih baik lagi. Paling utama kata Agusno pemahaman kepada masyarakat bahwa dalam pertarungan harus siap menang dan tentunya juga harus siap menerima kekalahan sebagai konsekuensi dari pertarungan itu sendiri. ata

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama