Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » Palu Raih Penghargaan Kota Peduli HAM
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Bukti surat resmi dari Kemenkum HAM RI yang dilayangkan kepada pemerintah daerah kota Palu. Foto : Yusuf
Palu - Kepedulian kota Palu sebagai salah satu kota sadar HAM patut diberi apresiasi sebab sebelumnya telah dideklarasikan HAM Sulawesi Tengah pada Desember 2012 serta Deklarasi Kota Sadar HAM pada Mei 2013. Hal tersebut membuktikan bahwa kota Palu yang merupakan Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah berupaya menciptakan peraturan untuk mewujudkan cita-cita sebagai daerah sadar HAM.
Pada 30 Desember 2013, lahirlah Peraturan Wali Kota Palu Nomor 25 Tahun 2013 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) Daerah. Lahirnya peraturan itu adalah sebagai upaya nyata mewujudkan pemenuhan HAM terhadap seluruh masyarakat Kota Palu, khususnya terhadap korban dugaan pelanggaran HAM berat.
Substansi peraturan yang berisi 17 pasal itu adalah program utama RANHAM Daerah Kota Palu seperti pelayanan komunikasi masyarakat, pendidikan HAM, penerapan norma stadar HAM, serta pemantauan dan pelaporan. Selain itu ada upaya pemenuhan HAM sesuai kewenangan Kota Palu sesuai amanat UU Nomor 39 tahun 1999 tentang HAM. Sehingga dari berbagai pihak telah memberikan apresiasi terhadap terbitnya Peraturan Wali Kota Palu itu.
Bukti nyata tersebut tersebut adanya pengakuan secara terbuka dari pemerintah kota Palu yang menyatakan permintaan maaf kepada korban pelanggaran HAM berat pada 1965. Hal itu memberikan makna yang kuat bagi para korban untuk menata hidupnya kembali setelah sekian lama tidak mendapat pengakuan dari pemerintah.
Dari gambaran inilah kata Kabag Humas dan Protokol Pemkot Palu, Akram S Sos MSi kota Palu selain menghadiri peringatan hari HAM se dunia tahun 2015 juga sekaligus menmdapatkan penghargaan sebagai kota peduli HAM pada tahun 2014 dari Kemenkum HAM RI bekerjasam sama dengan Komisi Nasional HAM RI di Jakarta belum lama ini.
Keberhasilan kota Palu sebagai salah satu kota penerima penghargaan kota peduli HAM tahun 2014 tersebut berdasarkan  surat Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia (HAM) Kementrian Hukum dan HAM RI nomor: HAM-UM.05.01-19 perihal peringatan Hari HAM se-Dunia tahun 2015 dan peganugrahan penghargaan Kabupaten/Kota peduli HAM pada tahun 2014.
Lebih lanjut Akram menjelaskan, puncak peringatan hari Hak Asasi Manusia se-Dunia tahun 2015 telah diselenggarakan pada, Jumat (11/12) di Istana Presiden RI. Sedangkan pemberian penghargaan oleh Menteri Hukum dan HAM RI kepada pembina pemerintah yang Kabupaten/Kota nya memenuhi kriteria sebagai Kabupaten kota peduli HAM tahun 2014 telah dilaksanakan Jumat (11/12), di Graha Pengayoman Kementrian Hukum dan HAM RI. yusuf

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama