Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » Koridor Tinombo Molisipat, Memaksimalkan Kemantapan Jalan Negara
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama




Memantapkan kondisi jalan negara merupakan program pemerintah melalui kerja dari kementerian dalam hal ini kepanjangan tangan pemerintah pusat yakni BPJN VI Sulawesi lewat satuan kerjanya yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah.
Satuan Kerja Wilayah II PJN Sulawesi Tengah Dalam menjalankan program pembangunan Jalan nasional tetap menjalankan dua sisi penggunaan anggaran yang diturunkan, yakni Penggunaan anggaran kerja kegiatan yang dikontrakkan dan anggran pemeliharaan atau swakelola.

Untuk Tahun Ini, satker wilayah II PJN Sulawesi tengah yang dibawahi langsung Balai besar BPJN VI Sulawesi itu tetap mengacu pada standart pelaksanaan teknis dilapangan.
Pekerjaan dalam pemeliharaan rutin atau swakelola telah direncanakan diawal anggaran. Yang mana titik titik yang sebenarnya kondisi jalan yang tidak bagus ataupun yang tidak layak atau dikatakan kondisi jalan yang tidak baik seperti berlubang di antisipasi untuk menjadi layak pakai atau layak dilalui pengendara disesuaikan pada teknis pekerjaan dilapangan.

Jenis  pekerjaan itu dilakukan dalam penanganan titik titiik kondisi jalan yang terdiri atas peccing, shanseet serta Buras. Melakukan pekerjaan pemeliharaan itu sangat panjang, sesuai dengan ruas atas pengguna anggaran berjalan ditahun anggaran tersebut.
Sebut saja, Pekerjaan Pemeliharaan rutin jalan dan jembatan untuk ruas Lambunu,mepanga, tinombo sampai batas gorontalo.  Ruas yang ada di satuan Kerja Wilayah II PJN Sulawesi Tengah itu jika dihitung penanganan panjang ruas sepanjang kurang Lebih 200 KM. Panjang ruas penanganan ruas ini belum dikurangi terhadap pekerjaan yang dikontrakkan untuk ruas ini.

Prinsipnya, Pekerjaan pemeliharaan ini dilakukan sesuai dengan program kementerian PU PERA. Dalam pelaksanaan di sesuaikan dengan kondisi dan tingkat teknis pekerjaan yang sesuai atas kondisi penanganan yang ada, karena setiap titik memiliki perbedaan struktur ataupun teknis yang digunakan dalam penanganannya.
Pekerjaan dasarnya dalam pemeliharaan itu terdiri dari pemeliharaan badan jalan, bahu Jalan, saluran air dan pemarasan rerumputan. Contohnya jika musim penghujan datang, biasanya pemarasan yang dilakukan baru skitar dua bulan lalu, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan lagi di bulan ketiga, ini dikarenakan tingkat kesuburan rumput sangat tinggi, sehingga perlu diparas kembali agar jarak pandangan sisi jalan pengguna jalan sangat jelas.
Bukan itu saja, kondisin saluran air juga dilihat sedemikian rupa atas fungsinya, jika terjadi reruntuhan yang menutupi saluran air segera dibersihkan, dan juga jika ada yang rusak segera diperbaiki dengan kategori pemeliharaan.

Irene Karim, ST Selaku PPK 06 Koridor Tinombo – Molosipat Menuturkan bahwa Nantinya pemeliharaan itu lebih dititik beratkan pada pekerjaan kondisi badan jalan, hal ini lebih utama, olehnya itu dalam penanganan pekerjaan badan jalan itu kami terapkan pada tiga jenis penanganan, yakni peccing, shandseet dan Buras. Untuk ruas ini telah dilakukan dibeberapa titik yang dilakukan  pekerjaan pemeliharaan seperti pada foto foto kegiatan pekerjaan dilapangan. RB

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama