Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Ditetapkan Tersangka, Soni Tandra Mangkir
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Johanis Tanak
Kasus Penyelewengan Bansos
Palu - Salah satu anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah 10 September 2015 yang lalu telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penyelewengan dana Bantuan Sosial (Bansos) APBD 2012 – 2014 Provinsi Sulawesi Tengah.
Pada Kamis (10/12/2015) Soni mangkir dari panggilan kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulteng dan hal ini membuat Kepala Kejati Sulteng sedikit kecewa dengan ketidak hadiran Soni, apalagi tanpa pemberitahuan yang jelas tentang alasan tidak hadir.
Kepala Kejati Sulteng, Johanis Tanak mengatakan ketidak hadiran tersangka tersangka tanpa alasan yang jelas sudah melanggar Undang – Undang Nomor 21 5ahun 2001 tentang pemberantasan tidak pidana korupsi dan dapat dikenakan sanksi 7 tahun penjara. Menurutnya, jika tersangka masih mangkir maka dengan terpaksa Kejati Sulteng akan melakukan pemanggilan paksa dan bila perlu dilakukan penahanan.
Menurutnya, kasus dugaan penyelewengan dana Bansos melibatkan dua orang tersangka yakni Soni Tandra yang merupakan salah satu anggota DPRD Provinsi Sulteng dan keluarganya BT selaku pihak rekanan. Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka pada 10 September 2015 yang lalu.
Bansos yang diselewengkan urai Johanis, merupakan bantuan pemerintah provinsi Sulteng tahun anggaran 2012 – 2014 untuk masyarakat miskin. Dimana ketika masa reses DPRD Provinsi Sulteng, Soni melakukan konsolidasi di daerah pemilihannya untuk mendengarkan keluh kesah dan aspirasi. Masyarakat mengharapkan Soni bisa menfasilitasi mereka untuk mendapatkan bantuan
Ketika aspirasi masyarakat tersebut dianggarakan pada APBD tahun 2012 dengan pagu anggran Rp 2,7 Miliar, Soni meminta ke instansi terkait untuk menyerahkan pengelolaan dana Bansos tersebut kepada dirinya mengingat anggaran itu ada atas jasanya.
Soni akhirnya menyelewengkan dana bansos sebesar Rp 2,7 Miliar itu untuk membangun peternakan dan pembangunan jalan menuju kem peternakan atas nama pihak ketiga BT yang juga masih keluarga dari Soni.
“Jika Soni Tandra tidak mengindahkan panggilan Kejati maka tidak menutup kemungkinan yang bersangkutan akan langsung ditahan,” ujat Johanis. ata

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama