Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Sosialisasi-Bimtek Pemanfaatan Kependudukan Dimulai
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


Dra. Derry B. Djanggola, M.Si

Palu - Sebanyak 30 orang peserta yang terdiri Ketua KPU Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil se-Sulteng serta Pejabat struktural dan staf Biro Administrasi Pemerintahan Umum mengikuti Sosialisasi Dalam Rangka Pelaksanaaan Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Kegiatan Bimbingan Teknis Pemeliharaan dan Pemanfaatan Database Kependudukan dan Pencetakan KTP-Elektronik se-Sulteng Tahun 2015, bertempat di Aula Graha Mulia Hotel, Selasa (27/10).
Ketua Panitia Penyelenggara, Dr. Fahrudin, S. Sos, M.Si melalui Panitia Pelaksana Dorce Mala, SH dalam laporannya mengatakan, tujuan sosialisasi untuk mensosialisasikan pelaksanaan kebijakan administrasi kependudukan termasuk persiapan dalam rangka mendukung suksesnya Pilkada serentak Tahun 2015 kepada aparat Provinsi dan Kabupaten/Kota, sementara sasaran sosialisasi, terwujudnya sosialisasi pelaksanaan kebijakan administrasi kependudukan termasuk persiapan dalam rangka mendukung suksesnya Pilkada serentak Tahun 2015.
Adapun tujuan bimbingan teknis untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas pengelola database kependudukan dalam melakukan pemeliharaan dan pemanfaatan database kependudukan serta pencetakan KTP-el, dengan sasaran tersedianya SDM pengelola database yang mampu terampil dalam melakukan pemeliharaan dan pemanfaatan database kependudukan serta pencetakan KTP-el.
“Sosialisasi iniberlangsung, 26 s/d 28 Oktober di ikuti 30 orang peserta, dengan materi Pelaksanaan Kebijakan Administrasi Kependudukan dalam rangka mendukung suksesnya Pilkada Serentak Tahun 2015 dan Pelaksanaan Kebijakan Administrasi serta Materi Bimbingan Teknis dengan narasumber Pejabat Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri,” jelasnya.
Sementara itu, Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si melalui Plt. Sekdaprov. Dra. Derry B. Djanggola, M.Si menegaskan, pelaksanaan sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan yang dilaksanakan untuk terciptanya kesadaran akan hak dan kewajiban penduduk tentang administrasi kependudukan dan pemanfaatan data kependudukan, NIK dan KTP-Elektronik guna menunjang kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan administrasi kependudukan dan catatan sipil.
“Pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota telah menyepakati untuk melaksanakan tiga program strategis nasional dalam bidang kependudukan dan catatan sipil yaitu, pemutakhiran data penduduk, penerbitan NIK dan penerapan KTP-Elektronik,” katanya.
Menurut Sekdaprov. Derry Djanggola, program nasional bidang kependudukan dan catatan sipil hendaknya dijadikan landasan untuk meningkatkan semangat dalam melaksanakan amanat konstitusi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, melindungi dan menjaga keamanan Negara serta meningkatkan mutu demokrasi dalam pelaksanaan pesta demokrasi melalui tertib administrasi kependudukan.
Pelaksanaan sosialisasi kepada seluruh stakeholder dan bimbingan teknis kepada pelaksana dilapangan hendaknya dilaksanakan baik ditingkat nasional, regional maupun di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.
“Kegiatan sosialisasi ini sangat penting, karena para pejabat dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten/kota serta KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulteng dapat berkoordinasi bersama dengan narasumber dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam rangka program kependudukan dan mendukung  suksesnya Pilkada serentak Tahun 2015,” tegasnya.
Sosialisasi dalam rangka pelaksanaan kebijakan administrasi kependudukan dan bimbingan teknis pemeliharaan dan pemanfaatan database kependudukan dan pencatatan sipil kab/kota se-Sulteng, juga dihadiri Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang diwakili Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Ir. Muhammad Masduki, Ketua KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. jgb

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama