Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » Ratusan Calon Instrukstur Kader Bela Negara Dibekali
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Ratusan perwakilan dari SKPD kota Palu dan kabupaten lainnya di Sulteng mendapat pembekalan kader bela negara di 711 Raksatama selama sebulan. Foto : Yusuf

Palu - Pendidikan Dan Pelatihan Dasar Bela Negara merupakan upaya untuk mendidikan warga negara yang responsif terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa yang didasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan melalui proses pelatihan dasar. Dengan demikian pendidikan bela negara dalam kajiannya membutuhkan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pertahanan negara, seperti ilmu militer, geopolitik, geostrategi, manajemen pertahanan, doktrin pertahanan, ilmu geografi, ilmu politik, ilmu sosial, dan ilmu pendidikan serta etika.
Selain itu juga untuk mendidik, melatih disiplin, kepemimpinan serta menanamkan nilai-nilai nasionalisme kepada segenap anak bangsa, gambaran ini disampaikan Kepala Kesbangpol Kota Palu, H Ramli Usman, saat menjadi narasumber pembekalan kader bela negara tingkat nasional di aula 711 raksatama Kamis (22/10).
Lebih jauh dikatakannya bahwa pelatihan bela negara ini untuk membentuk karakter, disiplin, profesional, tegas, cepat dan tepat dalam mengambil keputusan/tindakan, berwawasan kebangsaan, berjiwa nasionalisme dan cinta tanah air serta memberikan pemahaman konsepsi pertahanan Negara yang dalam implementasinya bukan hanya dimiliki oleh TNI tetapi juga harus dimiliki segenap komponen bangsa dan seluruh rakyat Indonesia termasuk mahasiswa seperti yang tertuang dalam UUD 1945 pasal 30, yang menyebutkan tiap-tiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan Negara.
Diharapkan setelah latihan ini sinergisitas TNI/polri bersama dengan ratusan calon instrusktur perwakilan SKPD dan stakeholder perwakilan dari kabupaten kota se Sulteng dalam mewujudkan cita-cita bangsa dengan semangat rasa tanggung jawab serta kesadaran bersama melalui pendidikan bela negara. Kesamaan pandangan dan kedudukan sangat bermanfaat untuk mendorong tumbuhnya semangat persatuan dan kesatuan, semangat bergotong royong dan cinta tanah air di dalam masyarakat.
Kondisi seperti itu sangat diperlukan untuk kelangsungan pembangunan Nasional yang sama-sama diharapkan dapat mengantarkan bangsa ini meraih cita-citanya, yaitu masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 maka perlu adanya kesamaan persepsi dalam menyikapi Wawasan Kebangsaan dalam rangka mewujudkan Bela Negara. yusuf


Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama