Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » KPU Parimo Tetapkan 300.428 DPT
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

ilustrasi
Parimo- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) telah melakukan rekapitulasi penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah tingkat Kabupaten Parimo di aula kantor KPU Parimo.
Rekapitulasi penetapan DPT itu dilakukan melalui rapat pleno terbuka yang dipimpin langsung Ketua KPU Parimo, Amelia Idris dan dihadiri empat anggota KPU Parimo, seluruh PPK, Panwaslu, Kepolisian, TNI dan saksi kandidat nomor urut 1 dan 2.
Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi yang dimulai pukul 09.00 wita dan berakhir sekitar pukul 18.00 wita itu, DPT Kabupaten Parimo ditetapkan sebanyak 300.428, dengan pemilih laki laki sebanyak 153.539 dan perempuan 146.889, tersebar di 283 desa dan Kelurahan dengan jumlah TPS sebanyak 799.
Dari 23 Kecamatan di Kabupaten Parimo, DPT terbanyak ada di Kecamatan Parigi, yaitu 20.675, terdiri pemilih laki laki sebanyak 10.379 dan perempuan sebanyak 10.296, tersebar di 6 desa dan 5 kelurahan dengan jumlah TPS sebanyak 50.
DPT kedua terbanyak terdapat di Kecamatan Mepanga, yaitu 19.644 pemilih tersebar di 18 desa dan 52 TPS. Sementara, DPT ketiga terbanyak berada di Kecamatan Palasa yaitu sebanyak 18.564 pemilih tersebar di 11 desa dan 50 TPS. 
"Kami berharap dengan ditetapkannya DPT Parimo ini, daftar pemilih tambahan 1 ini tidak ada lagi karena sudah terakomodir dalam DPT,"harapnya. 
Kata Amelia, dari daftar pemilih sementara (DPS) yang ditetapkan 1 September lalu, terjadi pengurangan jumlah pemilih sekitar 7.000. Hal itu disebabkan karena DPS yang ditetapkan sebelumnya masih banyak yang harus diperbaiki, diantaranya banyaknya data ganda dan ada pemilih yang sudah meninggal dunia. 
"Makanya teman teman PPK, PPS dan PPL melakukan perbaikan dari DPS yang ada, kami sangat mengapresiasi hal itu," ujarnya. 
Amelia meyakini bahwa DPT yang telah ditetapkan itu merupakan yang muktahir, valid dan dapat dipertanggungjawabkan. "Kami sangat yakin Insha Allah DPT yang kami tetapkan ini betul betul muktahir, valid dan bisa dipertanggungjawabkan,"pungkasnya.Sementara, Ketua Panwaslu Kabupaten Parimo, Muklis juga berharap DPT yang sudah ditetapkan KPU itu benar benar valid. "Saya lihat pengurangannya dari DPS menjadi DPT itu jumlahnya sangat banyak, ada sekitar 7.000. Saya berharap DPT ini valid, sehingga tidak ada protes lagi dikemudian hari," tandasnya. dd

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama