Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » KPUD Parimo Gelar Bintek Relasi Pilkada
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama



Parimo- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Parimo, gelar bimbingan teknis (bintek) bagi sejumlah kelompok masyarakat yang tergabung dalam relawan demokrasi (relasi) pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (pilkada) secara serentak pada bulan Desember tahun 2015 mendatang.
Kasubag Umum selaku Ketua Panitia Bintek Relasi Pilkada 2015, Ardin dalam laporannya mengatakan, pembentukan Relasi pilkada ini merupakan salah satu kewajiban yang diamanatkan sesuai aturan pelaksanaan pemilihan umum, yakni adanya keterlibatan kelompok masyarakat berpartisipasi mendorong suksesnya pesta demokrasi.
Relasi nantinya akan bertugas melakukan sosialisasi seputar pelaksanaan pilkada, bukan hanya pada tataran tahapan tetapi lebih substansi mendorong tingkat partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak suaranya.
Relasi sendiri katanya akan bertugas melakukan sosialisasi pada sejumlah segmen masyarakat yang menjadi tupoksinya. Kelima segmen masyarakat tersebut meliputi segmen pemilih pemula, pemilih marjinal, pemilih perempuan, pemilih disabilitas dan segmen keagamaan.
Olehnya, sebelum melaksanakan tugasnya, puluhan orang yang tergabung dalam Relasi ini diberikan bintek untuk menyeragamkan pemahaman seputar tupoksi dilapangan nantinya.
“Bintek ini dilaksanakan sehari dan diikuti oleh sebanyak 20 orang yang nantinya akan dibagi untuk melaksanakan sosialisasi sesuai dengan segmentasi masing-masing,” kata Ardin, pekan kemarin.
Pembentukan Relasi pilkada sendiri baru dilakukan pada bulan Agustus, dan akan mulai melaksanakan tugas pasca pelaksanaan bintek.
Sementara, Ketua KPUD Parimo, Amelia Idris dalam sambutannya mengatakan, dalam tugasnya hendaknya para Relasi tidak hanya mensosialisasikan kapan pelaksanaan pemungutan suara dilakukan, namun juga dapat mensosialisasikan sejumlah tahapan dalam pilkada nantinya.
Untuk itu, pelaksanaan bintek kali ini harus diikuti secara baik demi kelancaran tugas dilapangan nantinya. Karena selain diberikan bintek, para relasi nantinya juga akan difasilitasi sejumlah bantuan buku panduan untuk memudahkan kerja-kerjanya di lapangan.
“Salah satu poin penting dalam sosialisasi nantinya yakni mendorong kesadaran masyarakat tentang pentingnya menyalurkan hak suaranya demi perbaikan kedepan. Semua masyarakat yang masuk dalam segmentasi target sosialisasi juga memiliki hak dan suara yang sama dengan masyarakat pada umumnya,” terang Amelia.
Diharapkan dengan adanya partisipasi Relasi Pilkada nantinya dapat membantu seluruh pelaksana adhock pemilihan mendorong tingkat partisipasi masyarakat. Karena sesuai dengan kondisi terkini, angka partisipasi pemilih di Parimo mengalami penurunan di setiap pelaksanaannya.
Dirinya mencontohkan angka partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan presiden pada tahun 2014 lalu sedikit menurun dari jumlah partisipasi pemilih pada pelaksanaan pemilukada Kabupaten Parimo pada tahun 2013 silam.
Ini tentunya  kata dia menjadi perhatian bagi semua unsur yang terlibat langsung dalam pelaksanaan pemilihan untuk mendorong peningkatan partisipasi tersebut.
“Setidaknya pada pilkada serentak pertama kali di Indonesia ini, angka partisipasi masyarakat dapat lebih tinggi. Dan ini juga kami harapkan dapat terbantu pencapaiannya dengan adanya keterlibatan teman-teman dari Relasi Pilkada nantinya,” tuturnya. dd


Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama