Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Jokowi Soroti Pelaksanaan Sail Tomini
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama




Jokowi memanggil seroang penari bernama Litanwati dan seniman Yuku Mokodompis ke panggung, menanyakan waktu latihan yang digunakan para penari dan kostum yang digunakan. Foto : Dadank

Parimo- Di hadapan ribuan masyarakat, 15 menteri kabinet kerja, sejumlah gubernur dan bupati, presiden RI Joko Widodo terdengar sedikit menyoroti pelaksanaan acara puncak Sail Tomini 2015.
Menurut Jokowi, pelaksanaan acara puncak Sail Tomini di Dusun Kayubura sudah terbilang bagus, namun masih ada yang sebenarnya perlu dilakukan sebelum hari H.
“Sail Tomini ini kalau dilihat dari teluknya, pantainya, lautnya sangat indah sekali,” kata Jokowi, Sabtu (19/9).
Katanya, sosialisasi tentang Sail Tomini dianggap belum maksimal. Harusnya menurut Jokowi, paling tidak dua tahun sebelum pelaksanaan acara puncak, promosi atau sosialisasi melalui media elektronik, media cetak maupun media sosial sudah harus dilakukan, agar hasilnya lebih sempurna.
“Untuk sail-sail berikutnya, perlu dipromosikan atau dipasarkan setahun atau dua tahun sebelumnya sehingga semua orang tahu, bahkan turis mancanagera pun semua bisa tahu. Agar ratusan juta orang di dunia ini tahu tentang adanya sail di Indonesia,” ujarnya.
Melalui sail ke tujuh ini, Jokowi meminta kepada seluruh menteri terkait, khususnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta para gubernur dan bupati, agar lebih mengutamakan sosialisasi dan kesiapan yang mapan.
Menurutnya, Sail Tomini sudah terbilang bagus tapi harus dipasarkan atau memiliki manajemen marketing yang efektif.
Kritikan lainnya dari Joko tentang tari tradisional yang diperagakan pada acara puncak tersebut. Harusnya kata Jokowi, tarian itu dipersiapkan secara maksimal dengan melibatkan koreografer yang profesional.
"Saya saksikan tari tradisional Songulara Mombangu sudah baik. Tapi menurut saya, tarian ini akan lebih bagus kalau dipersiapkan sejak jauh hari, maka akan menghasilkan tarian yang sangat sempurna," ucapnya.
Tidak puas hanya menyampaikan kritikan melalui sambutan, Jokowi memanggil salah seroang penari bernama Litanwati dan seniman Yuku Mokodompis ke panggung. Jokowi menanya langsung waktu latihan yang digunakan para penari.
"Kamu latihan ini berapa lama,” dijawab enam bulan oleh Litnawati. "Tidak cukup, seharusnya kamu latihan sejak dua tahun lalu," ujar Jokowi.
Bahkan soal kostum penari pun menjadi sorotan Jokowi. Menurutnya, jika pembuatan kostum penari tersebut melibatkan desainer professional maka dipastikan akan menghasilkan kostum yang sangat menarik.
Sementara itu, Jokowi berpesan agar lokasi sail yang ada saat ini dimanfaatkan sebaik mungkin. Usai acara puncak, kata dia perlu ada tindak lanjut yang dilakukan setiap minggu atau tiap bulan sehingga lokasi ini menjadi lebih bermanfaat.
Usai meresmikan acara puncak Sail Tomini, Jokowi juga menandatangani sampul peringatan Sail Tomini 2015, meresmikan rumah sentra informasi nelayan, mengunjungi Sail Tomini Expo, memanen udang supra intensif dan meresmikan jembatan Dolago, di Kabupaten Parimo. dd

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama