Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » Pemerintah Kecamatan Parigi Utara Buru Rosa
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Foto ist. Rombongan Sapi (Rosa)
Parimo- Jelang acara puncak Sail Tomini yang akan dihelat pada 19 September mendatang, pemerintah Kecamatan Parigi Utara, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), mulai menertiban hewan ternak yang masih berkeliaran.
Plt Kasi Trantib Parigi Utara, Abd Anas kepada wartawan mengatakan, tindakan berburu rombongan sapi (rosa) dan kambing di Parigi Utara sudah dilakukan sejak 13 Juli lalu. “Sejak 13 Juli lalu, sampai saat ini kami sudah menangkap sedikitnya lima ekor ternak. Dan ternak-ternak yang terjaring itu kita amankan di kandang sementara,” kata Anas saat menghadiri kegiatan di auditorium kantor bupati, Rabu (12/8) kemarin.
Seluruh ternak yang diringkus, kata Anas, dikembalikan kepada pemiliknya setelah membayar denda, sesuai Perda nomor 25 tahun 2005 tentang hewan ternak. Anas merincikan, denda yang dikenakan kepada pemilik ternak sebesar Rp100 ribu per ekor untuk ternak sapi, dan Rp50 ribu pada ternak kambing.
“Denda tersebut berlaku untuk 1x24 jam. Jika ternaknya tidak diambil lebih dari satu hari, maka denda tersebut digandakan sesuai lama ternak saat diamankan,” jelasnya.
Ia menambahkan, penertiban tersebut akan dilakukan selama pemilik ternak belum mengikat atau mengandangkan ternaknya. “Memang tidak lama lagi akan digelar acara puncak Sail Tomini di Parigi Utara, namun penertiban tersebut bukan hanya dilakukan untuk menyambut sail saja, tapi ini program rutin pemerintah kecamatan,” katanya.
Anas berharap, dengan seringnya dilakukan razia ternak, kedepannya tidak ada lagi terlihat ternak-ternak, baik rosa maupun kambing yang berkeliaran bebas.
Khusus untuk di sepanjang jalan, kata Anas lagi, kehadiran ternak, selain membuat kotor, juga berdampak buruk bagi pengendara, seperti terjadinya kecelakaan lalu lintas. dd

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama