Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » Guru Harus Bisa Mewujudkan Pendidikan Berkarakter  
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Drs.Kamaruddin
PALU - Sebagai sosok pendidik, dewasa ini guru dituntut untuk dapat mewujudkan pendidikan karakter. Sebagaimana diungkapkan Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Palu Timur, Drs Yabidi MSi pada kegiatan pelepasan para Purna Bakti sekaligus menggelar halalbihalal Keluarga besar UPTD Pendidikan dan Kebudayaan kecamatan Palu timur, belum lama ini di Asrama Haji Palu.
Yabidi mengajak kepada guru untuk bisa mewujudkan pendidikan berkarakter. Salah satunya, bagaimana para guru dapat mengembangkan pendidikan nilai-nilai Pancasila kepada para siswa. Karena kata dia, pendidikan karakter yang berkualitas harus dibentuk sejak usia dini, olehnya kegagalan dalam penanaman kepribadian yang baik di usia dini akan membentuk pribadi-pribadi yang bermasalah kelak di masa dewasanya.
”Salah satunya seluruh kepala sekolah harus menerapkan Upacara Bendera setiap hari Senin, bahkan nili-nilai karakter kebangsaan juga harus dimulai dalam proses pembelajaran, salah satunya sebelum pembelajaran dimulai anak-anak harus diawali dengan doa serta diajarkan lagu-lagu nasional,” terangnya.
Hal itu melihat kondisi saat ini banyak pelajar yang tidak bisa menghafal lagu-lagu nasional misalnya, lagu Kebangsaan Indonesia Raya. “Karena itu kami harapkan guru semua dapat mewujudkan pendidikan yang berkarakter dan berjiwa kebangsaan,” tegasnya.
Dalam kesempatan itu Yabidi mengajak, dengan adanya kegiatan halalbihalal kiranya, dapat membangun kebersamaan dan silaturahmi sesuai dengan tema kegiatan tersebut, “kita tingkatkan, perkuat silaturahmi kepedulian sosial dan semangat kerja demi terwujudnya pendidikan dan tenaga kependidikan yang berkarakter menuju pendidikan yang berkarakter”. ”Inilah yang harus bisa kita capai, sesuai dengan tema yang ada,” katanya.
Sementara itu, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemkot Palu, Drs Kamaruddin menambahkan bahwa, adanya kegiatan halalbihalal kiranya, dapat lebih membagun rasa kebersamaan sesama insan pendidik di Kota Palu. ”Olehnya saya berharap kepada seluruh keluarga besar UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Palu Timur kiranya dapat meningkatkan peran sertanya dalam mempercepat pencapaian indikator pendidikan di Kota Palu,” pungkasnya. yusuf

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama