Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » Irigasi Gumbasa, Sarana Kepentingan Rakyat
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama



Bendung Irigasi Gumbasa

BWSS III yang ada di Sulawesi Tengah, merupakan suatu lembaga Non Vertikal dalam kedudukannya di provinsi sulawesi Tengah. Unit kerja operasi Dan Pemeliharaan atau dikenal OP merupakan unit kerja dalam lingkup BWSS III.
Bendung Irigasi gumbasa, merupakan salah satu bendung daerah irigasi yang masuk dalam program kerja Pusat melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi III (BWSS III) yang langsung dibawahi oleh Dirjen Pemberdayaan sumber Daya Air  pada Kementerian Pekerjaan Umum.
Operasi Dan pemeliharaan Wilayah II merupakan unit kerja yang menyentuh langsung terhadap pekerjaan di lapangan. Jenis pekerjaan rutin non kontrak yang umumnya diswakelolakan merupakan panduan dalam mengelola anggaran publik tersebut sehingga out come dalam penggunaannya sesuai tujuan akhir, menciptakan kelancaran sarana prasarana umum demi kepentingan rakyat.
Bendung Irigasi Gumbasa
Banyak Jenis pekerjaan yang ditangani OP II, seperti Bendungan , Tambak, Saluran Irigasi, sungai serta beberapa jenis pekerjaan yang bersentuhan pada Dirjen PSDA.
Alhasil, OPWilayah II di BWSS III sulawesi Tengah bekerja dalam menyerap penggunaan anggaran pusat sesuai bidang kerjanya, seperti salah satu bendung yakni bendung Daerah Irigasi Gumbasa. Pada bendung daerah irigasi Gumbasa ini, pekerjaannya meliputi pada pekerjaan pengecetan, pekerjaan pasangan Bronjong, pekerjaan pasangan susunan batu, dan pekerjaan galian tanah dengan tenaga Alat.
Fungsi pekerjaan bertujuan demi terciptanya kelancaran sarana fasilitas umun yang bisa digunakan masyarakat atau rakyat. Seperti pada pekerjaan galian tanah dengan tenaga alat, hal ini guna memperlancar air pada saat musim kemarau untuk menuju intake bendung.
Bendung Irigasi Gumbasa
Sedangkan pekerjan pengecetan dilakukan semata buat memberikan atau meningkatkan segi estetika keindahan bendung agar dapat terlihat terpelihara dengan baik.
Untuk pekerjaan Pasangan Bronjong, ini dilakukan mengantisipasi tergerusnya sisi kiri kanan sungai gumbasa akibat banjir. Karena disaat banjir datang, sisi kiri kanan bisa tergerus bahkan menghantam saluran pembuang kantong lumpur, maka diperlukan pemasangan bronjong diareal yang semestinya sesuai perencanaan dari melihat lokasi awalnya.
Pada pekerjaan Pasangan susunan Batu, bertujuan memperlancar dan mengembalikan kinerjapengurasan sehingga operasi bendung dapat bekerja secara maksimal.
Drs Edison, ST MT, selaku pejabat pembuat Komitmen (PPK) pada kegiatan Operasi dan Pemeliharaan II di BWSS III Sulawesi Tengah, mengemukakan bahwa Semua ini dilakukan atas perencanaan program pusat, olehnya itu kami selaku perpanjangan tangan dari pihak pusat memaksimalkan penggunaan anggaran dalam pelaksanaan kegiatan kegiatan tersebut dan hasil pekerjaan itu menjaga apa yang sudah ada karena sesuai tupoksi pekerjaan kami dan hasilya buat kepetingan Rakyat. RB

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama